TikTok Shop Buka Lagi di Indonesia Melalui Tokopedia

Feeds.id - TikTok Shop, fitur belanja online dalam aplikasi TikTok, kembali beroperasi di Indonesia setelah sempat ditutup oleh pemerintah. TikTok Shop akan berkolaborasi dengan Tokopedia, salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, untuk memberikan solusi jualan online terlengkap bagi pelaku UMKM nasional.

Ilustrasi Tiktok Shop

Kemitraan Strategis TikTok dan GoTo


Pada Senin, 11 Desember 2023, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) dan TikTok mengumumkan kemitraan strategis mereka untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Kemitraan ini akan menggabungkan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia di bawah PT Tokopedia, yang akan dikendalikan oleh TikTok.

TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa mengurangi kepemilikan GoTo di Tokopedia. Dengan demikian, GoTo akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, yang akan mendapatkan manfaat dari pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah bergabung dengan TikTok Shop Indonesia.

GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut. Selain itu, GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia dengan menawarkan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

Program Beli Lokal di TikTok Shop dan Tokopedia




Sebagai bagian dari kemitraan strategis ini, TikTok dan GoTo akan melaksanakan periode uji coba dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal, yang dimulai pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Kampanye Beli Lokal akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, dengan tujuan untuk mempromosikan berbagai jenis merchant, terutama produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka melalui video singkat dan live streaming yang menarik.

Komitmen TikTok, Tokopedia, dan GoTo untuk UMKM Indonesia


Melalui kemitraan strategis ini, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM.

TikTok Shop buka lagi di Indonesia melalui Tokopedia merupakan kabar baik bagi para pelaku UMKM yang ingin meningkatkan penjualan mereka secara online dengan cara yang mudah, efektif, dan menyenangkan. TikTok Shop dan Tokopedia akan memberikan solusi jualan online terlengkap, didukung dengan ekosistem konten TikTok yang unik.
Previous Post Next Post